Aiptu Suwardi Dampingi Program Bulan Imunisasi Anak Sekolah Di SDN 1 Desa Jetis

featured image

Polres Madiun - Kapolres Madiun AKBP Anton Prasetyo melalui Bhabinkamtibmas Polsek Dagangan AIPTU Suwardi bersama Babinsa mendampingi Tim dari Puskesmas Kecamatan Dagangan dan Bidan Desa untuk melaksanakan Imunisasi Campak dalam rangka menggelar program BIAS (Bulan Imunisasi Anak Sekolah) kepada pelajar tingkat SD yakni di SDN 1 Jetis, Dagangan, Madiun. Jumat (16/09/2022)



Dalam pelaksanaan pendampingan Bhabinkamtibmas kepada Tim dari Puskesmas Dagangan dan Bidan Desa ini adalah, sebagai sinergitas Polri dengam aparatur Pemerintah di bidang kesehatan.



Di sela pendampingan selaku Bhabinkamtibmas juga berusaha memberikan motivasi kepada siswa-siswi SDN Jetis yang akan mendapatkan Imunisasi, agar tidak menangis dan tidak keluar kelas pada saat dilakukan penyuntikan karena Imunisasi bertujuan untuk memberikan perlindungan bagi anak-anak usia se tingkat SD terhadap Campak, Difteri dan Tetanus.



Bhabinkamtibmas Desa Jetis menjelaskan bahwa, kesehatan merupakan salah satu unsur kesejahteraan bagi masyarakat melalui pembangunan kesehatan dengan perencanaan terpadu, sedangkan pemberian vaksin melalui program Imunisasi merupakan salah satu strategi pembangunan kesehatan nasional dalam rangka mewujudkan Indonesia sehat baik dalam upaya pelayanan peningkatan kesehatan, maupun pencegahan penyakit (preventif) secara menyeluruh, terpadu dan berkesinambungan.



"Dalam pelaksanaan BIAS (Bulan Imunisasi Anak Sekolah) merupakan keterpaduan lintas program dan lintas sektoral terkait sebagai salah satu upaya mengurangi angka morbiditas dan mortalitas, jadi upaya Imunisasi perlu terus ditingkatkan untuk mencapai tingkat kekebalan masyarakat (Population Immunity) yang tinggi sehingga dapat memutuskan rantai penularan PD3I,"ujar AIPTU Suwardi.



Ditempat terpisah, Kapolsek Dagangan AKP Dwi Heroe Santoso, S.H saat dikonfirmasi menyampaikan bahwa, pendampingan yang dilakukan oleh anggota Bhabinkamtibmas memang harus melekat setiap ada kegiatan di Desa binaannya meskipun tanpa permintaan dari pihak Puskesmas, oleh sebab itu kita libatkan untuk melaksanakan pendampingan sebagai salah satu wujud mendukung, program Pemerintah di bidang kesehatan. (***)

0 Komentar