Bhabinkamtibmas dan Babinsa Desa Sidorejo Bersinergi Amankan Pemakaman Covid-19

featured image

Polres Madiun – Kapolres Madiun Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Anton Prasetyo melalui Bhabinkamtibmas Desa Sidorejo Ajun Inspektur Polisi Satu (AIPTU) Parman Budi Santoso menghadiri, membantu dan mengamankan pemakaman warga desa binaannya, sebagai wujud kepedulian dan ungkapan duka adalah salah satu kewajiban anggota Bhabinkamtibmas dalam pelaksanaan tugasnya sesuai amanat undang undang bahwa anggota Polri bertugas Melindungi , Melayani dan Mengayomi Masyarakat.


Hal itu pula yang dilakukan oleh Aiptu Parman, bersama Babinsa dan perangkat Desa Sidorejo melaksanakan kegiatan pemakaman jenazah secara protokol kesehatan Covid 19. Senin ( 28/2/2022)



Proses pemakaman jenazah pasien Covid-19 wajib dilakukan dengan prosedur khusus. Sehingga diperlukan petugas khusus, dengan dilengkapi alat pelindung diri dan sudah dilatih cara melaksanakan pemakaman secara protokol kesehatan. Tidak banyak orang rela bertugas mengurus jenazah, baik yang berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) maupun yang sudah dinyatakan positif Covid-19. Warga asal Desa Sidorejo Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun meninggal di RSUD Caruban dengan hasil Probable Covid 19. Korban berinisial “WB”, usia 58 tahun, beralamat di Desa Sidorejo Kecamatan Saradan, yang mempunyai keluhan sakit ginjal.


Proses pemakaman berlangsung lancar , keberadaan Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa adalah merupakan salah satu upaya turut mencegah warga agar tidak mendekat dan menjauhi kerumunan serta bentuk antisipasi adanya berbagai hal seperti penolakan dari warga disekitar tempat pemakaman.


Aiptu Parman mengatakan , “pengamanan yang dilakukan ini, sebagai upaya mengantisipasi berbagai hal yang mungkin timbul sehingga dapat mengganggu prosesi pemakaman tersebut”, ucapnya.


“Kami berharap kepada masyarakat bisa mengambil hikmah dari kejadian pemulasaran jenazah secara protokol kesehatan Covid 19, dimana bahaya pandemi Covid 19 benar-benar ada dan merupakan ancaman nyata yang harus kita waspadai bersama, jangan anggap remeh, namun jangan panik, kuncinya disiplin patuhi protokol kesehatan 5M serta biasakan menerapkan pola hidup bersih dan sehat dalam keseharian” pungkas Aiptu Parman. [Optr_Srdn]

0 Komentar